Saat 1000 Guru dan KFC Saling Berbahu Berantas Buta Aksara di Pedalaman

Tarian perang yang diperagakan belasan bocah-bocah berbalut seragam merah putih menyambut rombongan komunitas 1000 guru di SDN Kofi yang berada di Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang.

Sebagian siswa yang tak ikut menari, terus menerus tersenyum lebar menyambut kehadiran  para pecinta profesi mendidik ini. Tak lama kemudian barisan Mama-mama langsung mengalungkan kain tenun khas Kupang sebagai lambang penghormatan kepada tamu.

Di dalam gubuk reyot beratap rumbai dengan kondisi telah miring ke samping, Kepala Sekolah SDN Kofi yakni Nikodemus Timatyus Paut menyambut tamu dengan riang gembira.

"Papa Mama dan anak-anakku semua, hari ini kita kedatangan tamu spesial yakni 1000 guru dari Jakarta dan daerah-daerah lain," ujar Nikodemus yang mengenakan celana jeans dan kaus bertuliskan 1000 Guru dan KFC.

Pendiri komunitas 1000 guru, Jemi Ngadiono menjelaskan bahwa komunitas 1000 guru itu adalah komunitas yang beranggotakan anak-anak muda yang hobi traveling dan peduli pendidikan.

"Biasanya anak-anak muda itu senangnya traveling.Kita ajak mereka gabung ke komunitas 1000 guru untuk mencintai pendidikan. Kita traveling bersama lalu mengajar bersama, "jelas Jemi Ngadiono.

Dijelaskan Jemi, komunitas 1000 Guru ini telah memiliki member grup di sosial media mencapai  200 ribu orang. Setiap bulan 1000 orang mendaftar untuk ikut mengajar langsung saat traveling.

"Jumlah yang sudah aktif mengajar 24 ribu orang," jelas Jemi.

Saat ini komunitas ini telah tersebar di 32 propinsi dan 35 regional

Khusus di Nusa Tenggara Timur (NTT), komunitas 1000 Guru telah mendirikan 13 Smart Center di 13 sekolah dasar di pelosok.

" Total di NTT ada 13 Smart Center. 10 Smart Center bekerjasama dengan KFC. Dan tiga lagi dikelola sendiri 1000 Guru," jelasnya.

Nikodemus mengatakan bahwa di SDN Kofi telah bekerjasama dengan 1000 Guru dan KFC selama tiga bulan.

" Seluruh anak-anak yang berjumlah 53 orang telah memakai seragam berkat bantuan 1000 Guru dan KFC," jelas Nikodemus.

Selain itu, KFC melalui 1000 Guru juga menyumbangkan nutrisi bergizi. Setiap Senin anak-anak diberi.makan gratis bubur kacang hijau. Selasa diberi telur, Rabu diberi kue dan Kamis diberi Susu.

"Berkat nutrisi bergizi ini anak- anak bertambah kecerdasannya," jelas Nikodemus.

Jemi Ngadiono menambahkan bahwa program ini hanya akan diberikan selama 1 tahun.

"Kami tidak ingin merusak mental anak-anak menjadi pemalas karena menunggu bantuan. Bantuan nutrisi 1 tahun sudah cukup dan kami akan pindah lagi ke sekolah yang dirasa membutuhkan," jelas Jemi Ngadiono.

GM Marketing KFC Indonesia Hendra Yuniarto menjelaskan bahwa KFC melalui kegiatan CSR turut berpartisipasi memerangi buta aksara.

"Masih banyak di Indonesia yang buta aksara. Kebetulan program KFC sejalan dengan 1000 Guru. Dan tahun ini program mulai berjalan.Semoga bantuan dapay dimanfaatkan secara maksimal,"jelas Hendra Yuniarto.

SHARE ON SOCIAL MEDIA :