About Us

1000_guru adalah komunitas peduli pendidikan pedalaman dan perbatasan Indonesia, yang pada mulanya hanya merupakan akun twitter yang menyajikan potret realita pendidikan di pedalaman dan perbatasan pelosok negeri ini. Dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Jemi Ngadiono, awalnya 1000_guru adalah akun twitter inspirasi namun kini berkembang dengan melakukan aksi sosial nyata, turun langsung membantu pendidikan anak-anak pedalaman negeri.

Ada 2 Program yang dilakukan oleh komunitas 1000_guru:


1. Traveling and Teaching, mengajak semua kalangan anak muda dari berbagai latar belakang profesi untuk mengunjungi tempat-tempat yang indah dan unik di Indonesia, budaya dan adat istiadat leluhur dan tentunya disertai dengan kegiatan sosial berbagi dan mengajar di tempat-tempat yang di kunjungi, berbagi ilmu pengetahuan dan memotivasi anak-anak  pedalaman dan perbatasan.


Di pedalaman dan perbatasan, pendidikan adalah kebutuhan yang sangat mahal, kadang ada kalanya kami temui gedung sekolah yang tak layak dan hal itu bukan lagi hal yang aneh, namun ada pula gedung sekolah memang baik, tapi kualitas pendidikan sangatlah berbeda dengan pendidikan di kota besar. Banyak potret-potret pendidikan pedalaman yang kami temui membuat kami semakin ingin membantu dan berbagi dengan anak-anak pedalaman dan perbatasan negeri ini. Kami megajak semua kalangan untuk bergabung dengan 1000 guru aktif terjun ke pedalaman dan perbatasan Indonesia bukan sekedar agar anak-anak pedalaman terinspirasi dengan kehadiran para professional ke sekolah mereka. Namun juga tak jarang kami menemukan bahwa para peserta traveling and teaching yang justru termotivasi dan terinspirasi dari semangat juang anak-anak pedalaman dan perbatasan.


Kami percaya semua orang bisa menjadi pendidik. Bergabunglah bersama kami, mari memulai perjalananmu, membantu dan menginspirasi anak-anak serta guru guru pedalaman dan perbatasan Indonesia. Jelajahi pelosok negeri ini bersama 1000_guru dalam program traveling and teaching.


2. Smart Center, 1000_guru berkomitmen untuk membantu kualitas pendidikan anak-anak pedalaman  dan perbatasan salah satunya melalui program smart center, yakni pemberian bantuan makanan bergizi setiap harinya untuk anak-anak pedalaman dan perbatasan dengan jangka waktu satu tahun. Dengan program smart center ini, kami berharap dapat membantu adik-adik pedalaman dan perbatasan untuk lebih semangat dan terpacu belajar lebih giat, memupuk ilmu dan mencapai cita-cita yang mereka inginkan.


Salam,


Komunitas 1000_guru


SHARE ON SOCIAL MEDIA :